Wednesday 21 January 2015

7 Kota di Indonesia dengan Julukan "Van Java"

Setiap kota yang ada di Indonesia pasti memiliki sebuah embel embel julukan. Julukan setiap kota yang disematkan ada yang berasal dari pribumi maupun para kolonialis Belanda. Pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata kata Van Java yang artinya berasal dari Jawa. Nama van Java yang dikaitkan dengan julukan kota di Indonesia biasanya karena adanya kemiripan kota tersebut dengan sebuah kota yang ada di luar negeri.

Berikut 7 Kota di Indonesia yang mendapat embel embel julukan van Java :



1. Bandung, Paris Van Java



Tahukah agan bahwa julukan Paris Van Java ini diberikan oleh orang eropa sejak dulu kala ketika menjajaki Kota Bandung. Tepatnya pada abad ke 18 atau tahun 1825 Kota Bandung mendapat julukan Paris Van Java. Pertanyaannya adalah, mengapa Paris? Konon katanya terdapat beberapa kesamaan pada dua kota tersebut yakni suasananya yang sejuk dan tidak terlalu panas ibarat sodara kembar. Dan ada hal lain yang membuat Kota Bandung mendapat julukan ini yaitu sudah sejak lama Kota Bandung terkenal sebagai Kota Fashion dan Jajan/Kuliner. Maka dari itu reader jangan heran kalo suatu saat jalan-jalan ke Bandung bertemu dengan Mojang (Gadis) dan Jajaka (Pemuda) Bandung berpenampilan modis dan menarik dengan senyum yang ramah.


2. Garut, Swiss Van Java

Kalau Kota Bandung Parisnya Jawa lain lagi dengan Kabupaten Garut yang dijuluki sebagai Swiss Van Java. Konon kota ini disebut Swissnya jawa karena kesamaan alam dan pemandangannya yang indah. Selain itu Kabupaten Garut terkenal dengan makanan olahan Dodol yang dianalogikan sebagai seperti coklatnya Indonesia seperti halnya Swiss terkenal dengan coklatnya. Julukan ini juga ternyata telah tersemat sejak jaman kolonial Belanda. Ratu Wilhelmina Belanda kabarnya memiliki peristirahatan pribadi di Garut.
Salah satu gunung di Garut yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya adalah Gunung Papandayan, dengan ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut ini tidak kalah indah dan sejuk dibanding Gunung Alpen.



3. Tasikmalaya, Delhi Van Java


Tasikmalaya dijuluki Delhi van Java bukan karena kebiasaan orang-orangnya yang suka nyanyi, joget dan berlari lho (kaya film india gitu). Tapi, Tasikmalaya mendapat julukan Delhi van Java karena secara geografis daerah perbukitan yang ada di sana sangat mirip seperti yang ada di Delhi, India. Bila agan ke Tasik, pasti menikmati jalanan yang naik turun berkelak kelok tanpa henti dirasakan, perbukitan-perbukitan indah akan terhampar sepanjang yang anda miliki di Tasikmalaya dan itulah pesona yang mirip jika anda berkunjung ke Delhi, India.


4. Karimun Jawa, Carribean Van Java


Tau film The Pirates of Carribean? Kalau inget pasti tau dong Karribia adalah hamparan lauran dengan beberapa pulau kecil didalamnya. Karimun Jawa di Kabupaten Jepara juga demikian, memiliki keindahan yang sama yang apabila anda mengunjunginya anda akan merasa seperti bermain film bersama Jack Sparrow di The Pirates of Carribean. Apabila anda berkunjung ke Jepara jangan lupa mampir dulu ke Taman Nasional Karimun Jawa.


5. Situbondo, Africa Van Java


Kenapa sih Situbondo mendapat julukan Africa van Java? Agan terbayang dengan orang berpostur besar, kuat, dan bekulit hitam. Jangan salah sangka dulu. Situbondo disebut dengan Africa van Java karena ketika agan kesana akan merasakan suasana khas Africa dengan hamparan savana dan kawasan satwa liar (Taman Nasional Baluran ). Jika agan ingin menikmatipemandangan tersebut jangan lupa isi bahan bakar yang full karena ketika agan masuk kesana tidak akan menemukan pom bensin atau tempat persinggahan dan yang ada adalah hamparan luas alami dengan balutan satwa liar berkeliaran.


6. Tegal, Japan Van Java


Tegal mendapat julukan Japan van Java bukan karena orang orang nya mirip orang Jepang kaya Naruto, Doraemon, Nobita, ataupun Miyabi. Julukan ini disematkan karena Tegal sudah sejak dulu dikenal sebagai kota sentra industri logam. Sentra industri logam yang ada di Tegal sudah sangat lihai dalam membuat spare part kendaraan bermotor yang berasal dari Jepang. Bahkan banyak industri logam yang ada di Tegal sudah lama menjadi langganan sebagai pemasok spare part industri otomotif ternama asal Jepang. Selain menghasilkan spare part kendaraan bermotor, industri logam asal Tegal juga bisa membuat traktor, pompa air, alat kesehatan rumah sakit, spare part kapal, dan masih banyak lagi.


7. Semarang, Venice Van Java


Semarang identik dengan julukan “Venice van Java”. Julukan Venice van Java diberikan oleh Belanda di masa lalu, karena kondisi kawasan Semarang yang banyak dilalui sungai, seperti halnya di Venice (Venezia).
Kita ketahui, kota yang berada di Italia ini terkenal dengan banyaknya kanal dan sungai yang melaluinya. Begitu pula dengan Semarang. Bedanya, kondisi di Venice jauh lebih tertata, sementara di Semarang tampak lebih sederhana.





No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar Kritik dan Saran yg Membangun..
Thanks for visit. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...